Bukan Cuman Mimpi, Ini 3 Cara Mendapatkan Beasiswa Ke Jerman

Dari tahun ke tahun antusias pelajar Indonesia yang ingin kuliah di Jerman semakin meningkat. Hal ini dikarenakan hampir semua universitas negeri di Jerman membebaskan biaya kuliah bagi mahasiswanya. Namun, akan lebih menyenangkan lagi jika kamu bisa kuliah di Jerman dengan mendapatkan beasiswa.

Baca Juga: Cara Memilih Catering Nasi Box

Adanya beasiswa dapat membantu meringankan biaya perkuliahan karena beberapa beasiswa menanggung biaya perkuliahan secara full maupun sebagian. Ada juga beasiswa yang menanggung biaya hidup dan memberikan tunjangan – tunjangan seperti tunjangan perjalanan, subsidi riset, tunjangan kelurga serta asuransi.

Tersedia berbagai beasiswa kuliah di Jerman dari pemerintah Jerman, non pemerintah serta dari universitas – universitas di Jerman. Beasiswa dari pemerintah Jerman yaitu DAAD (German Academic Exchange Service) dan Erasmus.

Beasiswa non pemerintah yang tersedia seperti Heinrich Boll Scholarship, Deutschland Stipendium,Kurt Hansen Science Scholarship. Ada juga beasiswa dari universitas – universitas Jerman seperti RWTH Aachen University scholarships, FRIAS Cofund Fellowship Programme untuk Peneliti Internasional, Frankfurt School of Finance and Management Doctoral Tuition Waivers.

Bukan Cuman Mimpi, Ini 3 Cara Mendapatkan Beasiswa Ke Jerman

Bahkan sekarang bukan cuman mimpi kamu bisa kuliah gratis dengan program beasiswa, karena pemerintah Indonesia juga menawarkan beasiswa ke Jerman seperti beasiswa LPDP. Jika kamu ingin kuliah di Jerman dengan beasiswa, simak yuk cara mendapat beasiswa ke Jerman berikut ini.

1. Mencari Informasi Beasiswa

Cara mendapat beasiswa ke Jerman yang pertama adalah mencari berbagai informasi mengenai beasiswa. Kamu bisa mencarinya di internet atau bisa juga mendapatkan informasi beasiswa dari tempat kursus bahasa Jerman

2. Membuat Daftar Beasiswa yang Diminati

Kamu perlu membuat daftar beasiswa yang kamu minati. Buatlah daftar beasiswa – beasiswa yang akan kamu lamar dengan detail seperti jenis beasiswa, persyaratan yang diminta, program studi yang ditawarkan serta deadline pendaftaran.

3. Persiapkan Diri

Sebelum mendaftar beasiswa ke Jerman, kamu harus memiliki kemampuan bahasa Jerman terutama bagi kamu yang tidak memilih program studi internasional. Kemampuan bahasa Jerman ini sering dijadikan syarat untuk mendaftar beasiswa.

Sebelum Kuliah Di Jerman Persiapkan Matang Matang Bahasa Jermanmu

Ketika kamu sudah berencana melanjutkan kuliah di Jerman, kamu harus jauh – jauh hari mempersiapkan bahasa Jerman. Urutan level bahasa Jerman dari yang terendah yaitu A1, A2, B1, B2, C1 dan C2. Level bahasa Jerman yang umum dijadikan syarat melamar beasiswa adalah B2.

Selanjutnya persiapan yang harus kamu lakukan untuk mendapatkan beasiswa ke Jerman yaitu melengkapi berkas – berkas yang diminta seperti salinan ijazah SMA, sarjana serta transkip nilai, motivation letter, sertifikat TOEFL, surat rekomendasi dari universitas ataupun dari tempat kerja.

Motivation letter yang kamu buat sebaiknya yang anti – mainstream. Semakin menarik motivation letter yang kamu buat maka kemungkinan kamu mendapatkan beasiswa semakin besar. Dalam motivation letter tersebut, tunjukkan bahwa kamu memiliki keinginan dan dasar yang kuat untuk melanjutkan kuliah di Jerman.

Tips lain yang bisa membantumu mendapatkan beasiswa ke Jerman yaitu jangan masukkan lamaran di waktu – waktu terakhir, sebaiknya kamu memasukkan lamaran di awal. Walaupun tidak ada jaminan kamu akan mendapatkan beasiswa, setidaknya lamaran yang kamu kirimkan di awal bisa dicek dengan lebih jeli oleh orang yang bertanggungjawab dalam memprosesnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *