ICT Watch Internet Sehat ala autotrade gold

ICT Watch Internet Sehat ala autotrade gold – Inilah komunitas yang setia menga- wal para pengguna internet di In- donesia. Usianya sudah lebih dari satu dekade dan hingga kini jejaringnya terus menguat. Gerakan Internet Sehat dimulai oleh ICT Watch, organisasi nirlaba yang lahir untuk mengawal kepentingan berbagai pemegang kepentingan dalam bidang informasi, komunikasi, dan teknologi. Perhatian utama mereka terutama pada penggunaan internet. Pada tahun yang sama mereka menggelar kampanye Internet Sehat yang hingga kini menjadi gerakan dengan jejaring di berbagai kota di Indonesia. “Awalnya kami melakukan kampanye internet sehat dengan jalan sendiri ke berbagai kota di Indonesia. Tapi sekarang kita sudah punya gerakan serupa di kotakota lain.

Mereka tinggal mengambil materi dari kita dan mereka yang jalan untuk sosialisasi ke sekolah-sekolah atau instansi lain,” terang Eddy Prayitno, Koordinator Program ICT Watch. Anak dan Keluarga Sebagai salah satu sesepuh pengawal internet di Indonesia, menurut Eddy tren masalah berinternet secara sehat sejak 2002 masih serupa. “Itu bukan masalah yang akan ada ujung pangkalnya,” tambahnya. “Baik yang mengancam keselamatan anak, pedofil online, pelanggaran privasi, selain itu belakangan penyebaran kebencian di internet juga makin banyak.” Untuk menjaga gerakan agar tetap satu tujuan dan nonprofit seperti niat pertama saat didirikan, mereka lantas mematenkan nama Internet Sehat. Paten nama ini ada di bawah Common Creative (CC) Lisence.

Sehingga tidak ada pungutan biaya untuk menggunakan nama ini, namun syaratnya si pengguna mesti menyebutkan si pemilik nama lisensi dan digunakan sejalan dengan misi internet sehat itu sendiri. Lisensi ini pula yang akan melindungi penyalahgunaan oleh pihak-pihak tertentu. Misalnya untuk keperluan sekedar mendapatkan proyek ini-itu berkedok sosialisasi, untuk kepentingan pribadi atau segelintir kelompok tertentu, dengan seolah-olah peduli dan paham semangat mendasar dari Internet Sehat, seperti tertulis dalam situs resmi gerakan ini. Sejak awal berdiri, Eddy mengaku bahwa gerakan mereka ini memilih konsentrasi pada perlinungan anak dan keluarga juga hak berinternet dan kebebasan berekpresi. “Sebelumnya, kita menemukan fakta adanya kesewenangan aparat pemerintah dalam kebebasan berekpresi ini.

Sumber : https://teknorus.com/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *