Jadi Berkelas Barang Bekas Bagian 2

Bisnis yang Menjanjikan

Dari kemauan kecil untuk melakukan sesuatu pada barang bekas, apa yang dilakukan Nico saat ini menjadi sebuah peluang bisnis yang sangat menjanjikan. “Menurut saya, peluang bisnis home furniture sangat menjanjikan. Saya optimis bahwa peluang di bidang ini sangat luas. Demand property, rumah, dan kantor di Indonesia berkembang pesat. Otomatis permintaan untuk pekerjaan desain interior, furnitur, dan produk turunannya pun akan berjalan seiringan,” demikian Nico memberi alasan mengapa memilih usaha ini.

Baca juga : Jual Genset Bali

Awalnya usaha yang dijalankan paruh waktu oleh Nico dan sang istri ini hanya untuk membantu kerabat dan kenalan dalam mendesain produk interior apartemen atau rumah tinggal mereka. Kini, usaha itu makin berkembang dengan banyaknya permintaan desain produk dari berbagai kalangan, tak hanya kerabat. Bahkan, kini permintaan yang datang tak sekadar untuk desain produk tetapi meluas sampai desain interior.

Pengaruh Material pada Desain Nico yakin bahwa suatu produk dapat terangkat apabila sang desainer dapat memadukan material yang tepat sesuai fungsi dan penempatannya. Semua material mempunyai keunikan tersendiri. Itulah yang tampak dari produk hasil karyanya saat ini. Tak hanya bermaterial kayu, namun berbagai jenis material turut mewarnai. “Tergantung permintaan dan kebutuhan klien,” ucap Nico menambahkan.

Impian untuk Masa Depan Nico ingin Vilo menjadi salah satu barometer desain produk dan interior di Indonesia. Untuk mewujudkannya, Nico punya prinsip 5P yaitu: passion, positive, proactive, persistence, dan prayer. “Dengan berkembangnya usaha ini saya juga memberdayakan orang-orang yang bekerja sama dengan saya,” Nico menyampaikan harapannya. Dalam melakukan suatu pekerjaan, Nico tak jarang juga memberi masukan kepada para pekerja—tukang kayu, besi, dan cat—untuk menghasilkan karya yang baik dan berkualitas.

Terjun langsung untuk mengawasi proses dari awal sampai akhir pun dilakukannya. “Bila Vilo bertambah besar, tidak menutup kemungkinan kami dapat membangun pabrik sendiri dengan scope layanan yang lebih besar tentunya,” ujarnya yakin. “Karena permintaan konsumen lebih banyak ke produk custom, maka untuk dapat mewujudkan keinginan dan kebutuhan mereka, kami mengembangkan ide yang orisinal, desain yang kreatif dan fungsional, serta tidak pasaran. Dengan cara ini, kami yakin dapat merebut pasar,” ucap Nico menutup pembicaraan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *