Perkebunan Di Surabaya Dalam Proses Pembangunan

hidup bibit ta nam an de nganmerangsang hormon sitokinin dan auksin. glomofert telah mengan tongi sertifikat merek dari ke menterian hukum dan ham pada 10 Fe bruari 2014 dan legalitas dari menteri pertanian sejak 2011. Bidang Perbenihan bbpptp surabaya juga mendukung pe nyediaan benih unggul dan bermutu da lam rangka peningkatan produksi komoditas perkebunan nasional. dukungan ini dilakukan dengan pelaksanaan ser tifikasi dan pengujian mutu benih dengan sistem manajemen iso 9001:2008 dan iso 17025:2010. pelaksa naan dilakukan secara konsisten sehingga tepat waktu dan akurasi hasilnya dapat dipertanggungjawabkan.

dukungan juga dilakukan untuk meningkatkan komoditas perkebunan bernilai tambah dan berorientasi ekspor gu na mewujudkan daya saing. bbpptp su rabaya mendukungnya dengan meng inventarisasi, koordinasi, mem berikan pengawalan dan pendampingan proses pelepasan varietas klon-klon ung gul lokal yang berpotensi. lembaga ini pun memantau dan mengevaluasi kelayakan kebun sumber bahan tanam untuk memastikan penyediaan benih ung gul bermutu komoditas perke bunan berorientasi ekspor. bbpptp surabaya menyediakan pelayanan prima kepada masyarakat secara konsisten dan berkelanjutan melalui pen dekatan satu pintu dan satu atap. pelayanan sertifikasi dan pengujian mutu benih ini melalui pelaksanaan uji profisiensi penerapan sistem manajemen mutu iso 17043:2010.

lembaga ini juga mendukung strategi pengembangan sumber daya manusia (sdm) melalui peningkatan kerjasama dengan instansi terkait melalui pen di dikan, magang, pelatihan, dan pene litian. Kebijakan pengembangan dan penguatan sertifikasi pengujian mutu benih berstandar internasional (iso/iec) meru pakan arah kebijakan bidang perbenihan. arah an ini dimak sudkan untuk fokus pada im plementasi serti fikasi dan pengujian mu tu benih dalam meng optimalkan penye diaan benih unggul bermutu sesuai peraturan menteri pertanian no. 50/ perm e n t a n / 0 9 / 2 0 1 5 tentang produksi, ser tifikasi, dan pengawasan tanaman perkebunan. sertifikasi dan pengujian mutu benih difokuskan pada komoditas unggulan se perti tebu, kakao, kopi, cengkeh, teh, dan kelapa. selain itu dilakukan pengembangan komoditas potensi lokal seperti nilam, kemiri, sunan, kapas, jambu mete, dan tembakau.

dukungan sertifikasi dan pengujian mutu benih berpotensi ekspor dilakukan pada kelapa, kopi, kakao, teh, dan tembakau. aspek-aspek kebijakan ini meliputi du kungan penyediaan benih unggul bermutu dan bersertifikat pada kelapa, tebu, kopi, dan kakao yang selama ini ber kontribusi terhadap penerimaan devisa negara. bbpptp surabaya juga mendukung pengembangan bahan baku bioenergi melalui sertifikasi dan pengujian mutu benih untuk meningkatkan penyediaan tanaman bahan baku untuk bahan bakar nabati (bbn) dari varietas klonklon unggul spesifik lokal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *