Rame-rame Menuju Keberlanjutan

Isu keberlanjutan (sustainability) selalu “seksi” untuk dibicarakan. Apa lagi di pasar internasional. Dan tidak hanya kalangan industri yang berkepentingan, petani pun tertarik untuk menerapkan asas-asas keberlanjutan demi kelangsungan hajat hidup mereka kelak. John Hartmann, CEO Cargill Indonesia mengatakan, “Sekitar 80% CPO (minyak sawit mentah) produksi Indonesia diekspor. Jadi, 80% pasar tergantung komunitas internasional sebagai pembeli dan pelanggan produk ini.

Permintaan pelanggan internasional terhadap produk yang ber lanjutan semakin tinggi sehingga kita harus memproduksi secara berkelanjutan. Contoh, Perancis berencana menaikkan bea masuk CPO Indonesia karena dinilai ku rang berkelanjutan dan UU Ener gi Terbarukan Amerika yang mela rang CPO sebagai sumber energi terbarukan lantaran masalah konversi lahan.

” Sertifikasi Makin Penting Sebagai bentuk pengakuan terhadap produk sawit yang berkelanjutan ada lah sertifikat Indonesia Sustainable Palm Oil (ISPO) dan Roundtable on Sus tainable Palm Oil (RSPO). Serti fikasi ISPO bersifat wajib bagi perusahaan sawit di Indonesia, tetapi masih diterapkan bertahap untuk petani plasma. Sementara sertifikasi RSPO bersifat sukarela.

Namun demikian, konsu men dunia makin menun tut keberlanjutan sehingga perusahaan dan petani yang memasok tandan bu ah segar (TBS) ke perusahaan pun merasa pen ting untuk mengantongi sertifikat RSPO. Bagi petani sertifikat juga menjadi jalan untuk memperoleh produktivitas lebih tinggi dan akhirnya berimbas ke kantong yang lebih gemuk. Lihat saja pengalaman Bambang Gianto yang koperasinya bermitra dengan PT Hindoli, anak usaha Cargill. “Koperasi kami beranggotakan 1.924 petani plasma yang rata-rata kepemilikannya 2 ha sehingga total luas 3.400 ha. Pada 1996 kami bermitra dengan Cargill. Kami mendapat pelatihan teknis kebun, manajemen keuangan, mana jemen koperasi dan lain-lain.

Ke mudian diberikan pendampingan juga saat implementasi di lapangan. Pelatihan dan pendampingan dilakukan terus me nerus sampai akhirnya koperasi kami lolos sertifikasi RSPO pada 2010,” pa par Ketua Koperasi Mukti Jaya di Su ngai Lilin, Musi Banyuasin, Sumatera Selatan, tersebut. Bambang menambahkan, Cargill punya komitmen yang kuat untuk menye jahterakan dan membantu petani me ningkatkan produksinya sehingga.

Website : kota-bunga.net

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *